Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw Resmi Dilantik dan Dipimpin Oleh Perempuan

253

Pembentukan Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Anggaran Dasar (AD) dan Aturan atau Peraturan Rumah Tangga (ART) Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik Keuskupan Manokwari-Sorong (YPPK-KMS). Syarat untuk mendirikan  Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS yaitu minimal di wilayah setempat memiliki 5 sekolah YPPK-KMS atau lebih dari 5 sekolah YPPK-KMS.

Jumlah Sekolah Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik Keuskupan Manokwari-Sorong (YPPK-KMS)  di Tambrauw sebanyak 9 sekolah yang terdiri dari 8 Sekolah Dasar (SD) YPPK-KMS yaitu SD YPPK-KMS Santo Gabriel Sausapor, SD YPPK-KMS Santo Hillarius Syubun, SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef, SD YPPK-KMS Santo Thomas Feitkemyan Distrik Miyah Selatan, SD YPPK-KMS Santo Wilhellmus Ayapokiar, SD YPPK-KMS Santo Markus Ayae, SD YPPK-KMS Santo Yohanes Asiti, SD YPPK-KMS Santo Yosep Senopi dan 1 PAUD/TKK YPPK-KMS yakni PAUD/TKK YPPK-KMS Bunda Rufina Kebar.

Pada tanggal 7 Januari 2019 sampai 12 Juni 2024, Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS memberikan amanat secara lisan kepada Frengky Syufi, S.Pd selaku staf Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS untuk menjadi Penghubung Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw. Tugas penghubung ini untuk mengurus sekolah YPPK-KMS Tambrauw, dari SD YPPK-KMS Santo Gabriel Sausapor sampai SD YPPK-KMS Santo Markus Ayae Distrik Miyah, dan menjadi Penghubung Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Maybrat untuk membantu Yohanes Kore, S.Pd sebagai Ketua Penghubung Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Maybrat.

Untuk 3 sekolah YPPK-KMS yang ada di wilayah Tambrauw yaitu SD YPPK-KMS Santo Yohanes Asiti, SD YPPK-KMS Santo Yosep Senopi dan PAUD/TKK YPPK-KMS Bunda Rufina Kebar diatur oleh Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Manokwari sambil menunggu pelantikan Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw maka ketiga sekolah tersebut diserah terimakan kepada PSW YPPK-KMS Tambrauw yang dilantik sesuai Surat Keputusan dari Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024 di SD YPPK-KMS Ases-Fef.

Untuk mempermudah akses pelayanan pendidikan YPPK-KMS kepada masyarakat di Tambrauw maka Drs. Simon Isak Mendopma selaku Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS, Frengky Syufi, S.Pd selaku Staf Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS dan RD. Imanuel Tenau sebagai Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Manokwari-Sorong melakukan rapat bersama pada  awal bulan Mei 2024 untuk menetapkan dan memutuskan agar Tambrauw dan Maybrat menjadi Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS secara mandiri pada akhir tahun ajaran 2023/2024.

Oleh karena itu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Badan Pengurus/Sekretaris Eksekutif Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik Keuskupan Manokwari–Sorong (YPPK–KMS) dengan Nomor 196/A-15/KEP/BP/SE YPPK-KMS/X/24.SM tertanggal Delapan Oktober Tahun 2024, tentang Surat Keputusan (SK) Pengangkatan  Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw dan pembicaraan pribadi antara Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS dengan calon Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw pada tanggal 16 Mei 2024 di Kantor Sekretariat Eksekutif YPPK-KMS maka Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS mengangkat dengan hormat Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek selaku Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw. Ketua PSW ini yang akan mengatur dan mengurus semua sekolah YPPK-KMS Tambrauw terhitung mulai pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024.

Pada acara pelantikan Ketua Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw dihadiri oleh Vikjen Keuskupan Manokwari-Sorong, staf Sekretaris Eksekutif  YPPK-KMS, Pastor Paroki Gereja Katolik Santo Benediktus Fef, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw dan staf, Kepala Distrik Fef, Kepala Distrik Ases, Kepala Distrik Wilhem Rombouts, Kepala Distrik Miyah Selatan, dewan guru SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef, dewan guru SD YPPK-KMS Santo Hillarius Syubun, dewan guru SD YPPK-KMS Santo Thomas Feitkemyan Distrik Miyah Selatan, para pengurus  komite sekolah YPPK-KMS Tambrauw, para Pemerintah Kampung, para tokoh masyarakat serta para orang tua/wali siswa/i.

Dalam sambutan pembukaan yang disampaikan oleh RD. Izaak Bame selaku Vikjen Keuskupan Manokwari-Sorong bahwa pada hari ini genap 75 tahun (1949-2024) sekolah YPPK-KMS Tambrauw baru mempunyai Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw yang dipimpin secara resmi oleh seorang perempuan yaitu Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek. Mari kita  bekerja sama dan terus mendukung Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw yang baru dilantik ini agar kita membangun pendidikan yang bermutu bagi generasi penerus di Tambrauw. Tercatat dalam lembaran sejarah perjalanan  YPPK-Keuskupan Manokwari-Sorong bahwa Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS telah mengangkat Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek sebagai Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw. Ini artinya perempuan juga bisa menjadi pemimpin. Pemimpin tidak selamanya  dipimpin oleh laki-laki tetapi perempuan juga bisa menjadi pemimpin. Kesetaraan gender dalam karya-karya pendidikan maupun tugas-tugas yang lain juga perlu didukung dan diberikan ruang yang sama bagi perempuan untuk memimpin, ucap RD. Izaak Bame selaku Vikjend Keuskupan Manokwari-Sorong.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Yosep Yewen, S.Sos selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Tambaruw bahwa selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw menyambut secara baik atas kebijakan strategis yang diatur oleh Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS dan Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Manokwari-Sorong yang telah menetapkan dan memutuskan bahwa Tambrauw mempunyai PSW YPPK-KMS. Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tambarauw sedang melakukan  penimbunan material  berupa tanah dan batu di area SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef untuk menambahkan pembangunan gedung SD, pembangunan ruang guru, pembangunan ruang perpustakaan sekolah dan pembangunan kantor Pengurus Sekolah Wilayah (PSW) YPPK-KMS Tambrauw yang berlokasi di SD tersebut.

Pemerintah Distrik Fef menyambut dengan baik pelantikan Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw dan mendukung kerja-kerja PSW YPPK-KMS Tambaruw ke depan, ujar Hans Baru, S.IP selaku Kepala Distrik Fef. Sambutan yang dibawakan oleh Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek selaku Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw bahwa kerja-kerja kolektif yang kita perlu lakukan ke depan untuk membangun pendidikan YPPK-KMS Tambrauw yang lebih berkualitas, berkarakter, maju dan mandiri. Kita tidak perlu banyak bicara tetapi lebih banyak kerja-kerja nyata itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat Tambrauw.

Sesuai Surat Keputusan dari Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS menetapkan dan memutuskan bahwa Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek selaku Ketua PSW YPPK-KMS Tambaruw  dan Johanes Hegemur, S.S.,M.Fil selaku staf. Surat Keputusan ini ditetapkan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024. PSW Tambrauw akan mengurus 9 sekolah YPPK-KMS di Tambaruw yang terdiri dari 8 Sekolah Dasar (SD) YPPK-KMS yaitu SD YPPK-KMS Santo Gabriel Sausapor, SD YPPK-KMS Santo Hillarius Syubun, SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef, SD YPPK-KMS Santo Thomas Feitkemyan Distrik Miyah Selatan, SD YPPK-KMS Santo Wilhellmus Ayapokiar, SD YPPK-KMS Santo Markus Ayae, SD YPPK-KMS Santo Yohanes Asiti, SD YPPK-KMS Santo Yosep Senopi dan 1 PAUD/TKK YPPK-KMS yakni PAUD/TKK YPPK-KMS Bunda Rufina Kebar.

Selain itu juga, Badan Pengurus YPPK-KMS/Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS juga memberikan bantuan 5 unit komputer untuk SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef maka Kepala Sekolah YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef dan Ketua PSW YPPK-KMS Tambrauw ke Sorong lalu ambil komputer di Kantor Sekretariat Ekeskutif YPPK-KMS untuk dipasang dan digunakan di sekolah dalam rangka mendukung siswa/i untuk mengikuti ujian ANBK maupun kegiatan pembelajaran komputer bagi siswa/i di SD YPPK-KMS Santo Benediktus Ases-Fef.
<span;>Dalam membangun pendidikakan yang bermutu maka perlu kerja sama dari semua pihak baik dari YPPK-KMS sebagai penyelenggara pendidikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tambaruw yang merupakan mitra kerja resmi YPPK-KMS, para orang tua/wali/masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan dan para guru sebagai pelaku pendidikan. Selamat dan profisiat kepada Beyum Antonella Baru, A.Md.Tek selaku Ketua PSW YPPK-KMS yang telah menerima amanat dari YPPK-KMS untuk mengemban tugas sebagai rasul Kristus dalam karya pendidikan untuk memanusiakan manusia Tambrauw, ucap Frengky Syufi, S.Pd selaku Staf Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS dalam mengakhiri sambutan atas nama YPPK-KMS. “Pendidikan tidak mengubah dunia tetapi pendidikan mengubah manusia, lalu manusialah mengubah dunia” adalah kutipan dari Paulo Freire, tokoh pendidikan asal Brasil dan sekaligus sebagai tokoh pendidikan untuk kaum tertindas di dunia. 

Oleh: Frengky Syufi, S.Pd (Staf Sekretaris Eksekutif YPPK-KMS)